Faktor-Faktor yang Memengaruhi Produksi Nata

>> info nata de coco murah lampung call 0821 222 00 320

Demi mengahasilkan olahan makanan yang lezat, tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu kecermatan, perlu pengetahuan, perlu pengalaman, dan tentunya perlu kesabaran. Terlebih dalam membuat nata de coco yang prosesnya unik alias tidak biasa, karena membutuhkan proses fermentasi di dalamnya.

Untuk menghasilkan produksi nata yang maksimal perlu diperhatikan faktor-faktor sebagai berikut.

  1. Temperatur Ruang Inkubasi

Acetobacter xylinum akan tumbuh dengan optimal apabila berada pada ruangan inkubasi yang bertemperatur ideal. Suhu fermentasi untuk pembuatan nata adalah pada suhu kamar, sekitar 280 Celsius. Jika suhu terlalu rendah atau terlalu tinggi, pertumbuhan bakteri pembentuk nata akan terganggu. Efeknya, produksi nata pun akan terhambat.

  1. Konsentrasi Medium

Bahan utama pembuatan nata yakni air kelapa merupakan medium dalam proses fermentasi. Air kelapa yang ideal harus banyak mengandung karbohidrat (gula) di samping vitamin dan mineral. Oleh Acetobacter xylinum, glukosa ini akan diubah menjadi selulosa. Selulosa yang terbentuk terus-menerus akan menghasilkan sebuah zat yang menyerupai lendir. Medium yang baik jika ditunjang dengan optimalnya perkembangan Acetobacter xylinum akan mengahasilkan nata yang berkualitas baik.

faktor-httpswn-com

Proses pembuatan nata de coco; sumber : httpswn.com

  1. 3. Kebersihan Alat

Kebersihan baki, penutup, pengaduk, dan alat penunjang lainnya harus dalam kondisi steril. Sebab, peranti-peranti yang tidak steril dapat menghambat pertumbuhan Acetobacter xylinum.

  1. 4. Waktu Fermentasi

Umumnya, fermentasi dalam pembuatan nata membutuhkan waktu dua sampai empat minggu. Minggu ke-4 adalah waktu yang maksimal produksi nata. Apabila lebih dari empat minggu, kualitas nata yang diproduksi akan menurun.

  1. 5. Keasamaan Fermentasi

Dalam pembuatan nata, derajat keasaman yang dibutuhkan adalah 3—5. Saat kondisi keasaman optimum, aktivitas enzim kerap menurun drastis. Perubahan kecil saja pada pH mengakibatkan perbedaan signifikan pada beberapa reaksi enzimatis yang penting bagi organisme.

  1. 6. Tempat Fermentasi

Wadah fermentasi baiknya tidak terbuat dari logam karena mudah korosif yang dapat mengganggu pertumbuhan mikroorganisme pembentuk nata. Tempat fermentasi juga sebaiknya tidak terkena langsung cahaya matahari, jauh dari sumber panas, dan harus berada dalam kondisi steril. Selain itu, selama proses pembentukan nata langsung harus dihindari gerakan atau goncangan, sebab, guncangan itu akan menenggelamkan lapisan nata yang telah terbentuk.

Terkait kualitas, Nata de Coco Lampung yang didukung tenaga ahli dan mesin modern menyediakan nata de coco dengan kualitas nomor wahid! Pastikan pilihan Anda pada Nata de Coco Lampung!